Senin, 06 Mei 2024

INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Kedungweru Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen

"I heart KEDUNGWERU, DESAKU MAJU"

Kenalkan Pertanian Sejak Dini, SDN 03 Banjareja Nusawungu Melakukan Kunjungan Edukasi di Agroeduwisata Kedungweru

Kenalkan Pertanian Sejak Dini, SDN 03 Banjareja Nusawungu Melakukan Kunjungan Edukasi di Agroeduwisata Kedungweru

Saat ini, sektor pertanian tidak lagi hanya diperuntukkan bagi orang tua semata, yang identik dengan kotor dan kuno, namun pertanian menjelma menjadi sektor yang memiliki prospek cerah, berteknologi tinggi dan mudah dilakukan. Mindset tersebut yang sudah seharusnya dipupuk sejak dini guna menarik anak-anak untuk terjun langsung ke sektor pertanian.

Pengenalan dunia pertanian tersebut bisa dilakukan sejak dini, salah satunya dengan cara memperkenalkan pada anak tetang kehidupan pertanian dengan mengunjungi dan menikmati wahana wisata pertanian yang membuat anak mengenal serta menikmati secara langsung suasana pertanian yang seru dan asyik. Hal ini akan membantu anak untuk menumbuhkan kecintaan dalam dunia pertanian sejak dini. Sehingga nantinya setelah beranjak dewasa anak-anak ini dapat meneruskan tongkat estafet pembangunan pertanian.

Himbauan tersebut diwujudkan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Sumber Rejeki Desa Kedungweru dalam menjadi lokasi kunjungan bagi masyarakat yaitu SDN 03 Banjareja. KWT Sumber Rejeki dipilih sebagai tujuan kunjungan karena selain merupakan tempat pelatihan bagi petani dan penyuluh, juga pengembangan agroeduwisata.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan pertanian tersebut kepada siswa SDN 03 Banjareja. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 115 orang yang terdiri dari siswa dan guru pendamping dari SDN 03 Banjareja. Pada hari Selasa, 7 November 2023.

Sebelum siswa-siswa diajak ke lokasi pertanian mereka melakukan permainan yang dipandu oleh tour guide agroeduwisata Kedungweru. Selanjutnya mereka diajak keliling ke lokasi kebun pertanian dikenalkan jenis-jenis tanaman sayuran. Para siswa sangat antusias sekali dalam praktek menanam sayuran. Mulai dari membuat media tanam, menanam bibit, mencangkul mengolah lahan.

Dengan adanya kegiatan ini siswa dapat memperoleh pengalaman berharga terkait dengan pengenalan pertanian beserta berbagai jenis tanaman yang ada di lingkungan agroeduwisata Kedungweru dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa membantu anak-anak SDN 03 Banjareja dalam menumbuhkan ketertarikan dan kecintaannya dengan dunia pertanian.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2