Minggu, 19 Mei 2024

INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Kedungweru Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen

"I heart KEDUNGWERU, DESAKU MAJU"

Panen Perdana Kelengkeng Kedungweru

Panen Perdana Kelengkeng Kedungweru

Panen Perdana Kelengkeng Kedungweru

Pada tanggal 17 Agustus 2022, tepatnya setelah pelaksanaan upacara pengibaran bendera dalam rangka peringatan HUT proklamasi kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Lapangan Desa Kedungweru dilaksanakan panen perdana Kelengkeng Kedungweru. Panen perdana ini ditandai dengan pengguntingan pita untuk masuk ke dalam Kebun Kelengkeng dan pemetikan tandan Kelengkeng untuk pertama kalinya oleh Camat Ayah. Kemudian dilanjutkan dengan panen buah kelengkeng oleh para Tamu Undangan dan Peserta upacara yang berminat membeli Kelengkeng Kedungweru.

"Hari ini Alhamdulillah Kami panen Kelengkeng New Crystal, Insyaallah akan ada sekitar 20 pohon yang bisa dipanen. Kebun Kelengkeng ini adalah salah satu aset Desa Kedungweru yang saat ini dikelola oleh BUMDesa Karya Raharja. Saat ini ada sekitar 40 pohon Kelengkeng dan yang berbuah saat ini ada sekitar 20 pohon." Beber Budi Priatna yang saat ini menjabat Direktur BUMDesa Karya Raharja Desa Kedungweru.

Khusus untuk momentum hari Kemerdekaan ini BUMDesa memberikan harga spesial yaitu Rp. 45.000,-. Melihat kualitas rasa buah Kelengkeng dan sensasi memanen langsung dari pohonnya membuat harga menjadi sesuatu yang tidak begitu dipermasalahkan. Bahkan beberapa pengunjung yang datang dari berbagai daerah mengatakan bahwa harga ini sangat sepadan dengan kepuasan mereka menikmati suguhan spesial memanen Kelengkeng sekaligus menikmati lezatnya buah spesial ini.

Pemerintah Desa Kedungweru akan terus memberikan support kepada BUMDesa untuk dapat terus meningkatkan kualitas maupun kuantitas buah Kelengkeng yang dihasilkan. Hal ini dilakukan dengan memprogramkan warga masyarakat untuk turut menanam Kelengkeng New Crystal di pekarangan rumah masing-masing. Serta memprogramkan untuk menambah lagi jumlah tanaman di kebun Kelengkeng dengan memanfaatkan tanah milik Desa yang ada. Hal ini disampaikan Johaeni Rokhman, Sekretaris Desa Kedungweru.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Potensi Desa Terkait

Arsip Potensi Desa

Statistik Pengunjung